Hai Mikel Arteta, Manajer yang Belum Membawa Arsenal Menang Tandang di Premier League

Hai Mikel Arteta, Manajer yang Belum Membawa Arsenal Menang Tandang di Premier League

Hai Mikel Arteta, Manajer yang Belum Membawa Arsenal Menang Tandang di Premier League

Hai Mikel Arteta, Manajer yang Belum Membawa Arsenal Menang Tandang di Premier League

Berita Bola, Mikel Arteta sempat memberi asa positif saat ditunjuk sebagai manajer baru Arsenal. Akan tetapi, sejauh ini dia belum mampu meraih kemenangan tandang pada laga di Premier League.

Mikel Arteta mulai bertugas sebagai manajer Arsenal pada Desember 2019 lalu. Dia menggantikan posisi Freddie Ljungberg, pelatih interim Arsenal. Ljungberg sebelumnya melatih di tim muda Arsenal.

Ljungberg bukan nama yang menjadi manajer Arsenal sejak awal musim. Dia menggantikan posisi Unai Emery yang sudah ditunjuk pada musim sebelumnya. Unai Emery dipecat karena hasil kurang bagus bersama Arsenal.

Sebelum menerima tawaran sebagai manajer Arsenal, Mikel Arteta tercatat sebagai asisten Pep Guardiola di Manchester City. Awalnya, pihak Guardiola ingin menahan Mikel Arteta tetapi tidak bisa berbuat banyak.

Mikel Arteta sempat memberi harapan yang tinggi bagi Arsenal. Pada periode Januari hingga Februari 2020, klub meraih hasil begitu bagus. 10 laga beruntun Arsenal tak pernah kalah di semua kompetisi.

Namun, belakangan performa tim mulai menurun. Arsenal kalah dalam dua laga terakhirnya, ketika Premier League kembali bergulir pasca ditangguhkan lantaran pandemi virus corona yang melanda.

Mikel Arteta memang sempat memberi harapan positif. Namun, jika ditilik lebih jauh, catatan pria asal Spanyol tidak cukup bagus di laga tandang. Arsenal belum pernah menang di laga tandang sejak dilatih Mikel Arteta.

Baca Juga : Fans Chelsea, Kapten Persela Senang Premier League Kembali Bergulir

Mikel Arteta meraih empat hasil imbang dan dua kekalahan. Gawang Arsenal kebobolan 12 gol di enam laga tandang, sedangkan gol yang dicetak hanya empat. Arsenal hanya mendapat empat poin dari 18 poin yang bisa didapat.

Pada laga terakhirnya, Arsenal kalah dengan skor 2-1 dari Brighton & Hove, Sabtu (20/6/2020) dini hari WIB. Kekalahan ini sekaligus memberikan setumpuk tugas berat bagi Mikel Arteta.

Selain harus membangun mental anak asuhnya agar lebih tangguh di laga tandang, Mikel Arteta juga kehilangan sejumlah pemain kunci. Bernd Leno mengalami cedera di laga melawan Brighton dan diprediksi akan absen lama.

Sebelumnya, Mikel Arteta juga sudah kehilangan Pablo Mari yang harus absen empat bulan ke depan. Lalu, ada Granit Xhaka yang mengalami cedera di laga melawan Man City. Sedangkan, beberapa pemain belum juga menemukan performa terbaiknya.

Lantas, apakah Mikel Arteta masih punya kans membawa Arsenal masuk zona Liga Champions?